Eksplorasi Kemampuan Belajar Mandiri Siswa pada Pembelajaran Kimia SMA dalam Pembelajaran Flipped Classroom

Authors

  • Ivatul Laily Kurniawati Universitas Muhammadiyah Maluku
  • Dhamas Mega Amarlita Universitas Islam Balitar

DOI:

https://doi.org/10.51135/.v4i2.311

Keywords:

Belajar Mandiri, Flipped classrom, Kepercayaan Diri

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan belajar mandiri siswa dalam pembelajaran kimia yang dilakukan secara daring dengan model pembelajaran Flipped Classroom.  Pelaksanaan penelitian pada materi asam basa. Subyek penelitian adalah 30 siswa kelas XI MIA SMA Negeri 4 Maluku Tengah, yang terbagi dalam 2 kelas. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dan eksperimental semu atau pre-experimental design untuk menguji pengaruh pembelajaran Flipped Classroom terhadap kemampuan belajar mandiri. Data dikumpulkan dengan menggunakan tes dan angket kemampuan belajar mandiri. Hasilnya menunjukkan bahwa siswa dalam kelas yang diterapkan pembelajaran Flipped Classroom memiliki kemampuan belajar mandiri yang lebih baik dibandingkan dengan siswa pada kelas yang tidak diterapkan pembelajaran Flipped Classroom. Pembelajaran Flipped Classroom yang dilakukan telah membantu siswa belajar dengan lebih mandiri, memiliki kepercayaan diri yang tinggi, dan mampu mengorganisasi belajarnya.

Downloads

Published

2024-04-30

Issue

Section

Articles