Pengaruh Metode Simulasi Berbasis Self-Assessment Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri Ilath Kabupaten Buru
DOI:
https://doi.org/10.51135/juste.v5i1.322Keywords:
Metode Simulasi, Self-Assessment, Hasil Belajar SiswaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Pengaruh Metode Simulasi Berbasis Self-Assessment Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri Ilath Kabupaten Buru. Menggunakan tipe penelitian deskriptif kuantitatif. Populasinya adalah siswa kelas VII berjumlah 57 siswa, dengan sampel sebanyak 29 siswa kelas VII1 SMP Negeri Ilath Kabupaten Buru tahun ajaran 2023|2024. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh metode simulasi Berbasis Self-Assessment terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri Ilath Kabupaten Buru. yang dibuktikan dengan uji persamaan regresi =30,50 + 0,54X dan berdasarkan uji-t yang diperoleh yaitu thitung = 2,358 > ttabel = 2,052. Besarnya pengaruh metode simulasi Berbasis Self-Assessment terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri Ilath Kabupaten Buru. Yang diperoleh dari koefisien determinasi yakni sebesar 54,27%. Artinya bahwa pengajaran dengan metode simulasi Berbasis Self-Assessment dapat berpengaruh terhadap hasil berlajar siswa sebesar 54,27% dan 45,73% dipengaruhi oleh faktor lain.