HUBUNGAN KETRAMPILAN GURU DALAM PENGELOLAAN KELAS DENGAN PRESTASI BELAJAR FISIKA DI KELAS XI IPA 1 SMA AL-FIQRI TALAGA

  • Randi Hasim Latukau Universitas Darussalam Ambon
  • Jufri Jufri Universitas Darussalam Ambon
  • Fatima Souwakil Universitas Darussalam Ambon
Keywords: Ketrampilan Guru, Pengelolaan kelas, Prestasi Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hubungan keteramplilan guru dalam pengelolaan kelas dengan prestasi belajar fisika di kelas XI SMA al-fiqri telaga. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XISMA Al-Fiqri Telaga yang terdiri dari dua kelas dengan jumlah siswa masing-masing kelas berjumlah 25 orang siswa. Sampel diambil secara acak atau Random Sampling. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode korelasi, Untuk mengumpulkan data digunakan teknik kuisioner, dokumentasi dan observasi. Kuisioner diberikan kepada siswa yang dijadikan sebagai responden dan teknik dokumentasi digunakan untuk memperoleh nilai prestasi belajar siswa. Dari hasi penelitian yang dilakukan dapat ditarik kesimpulan mengenai pengelolan kelas guru, sebagian besar siswa berpendapat bahwa guru fisika SMA Al-Fiqri Telaga berada pada kategori sangat baik. Prestasi belajar siswa SMA Al Fiqri Telaga tergolong sangat baik pada mata pelajaran fisika terbukti dengan variasi prestasi belajar siswa antara nilai tertinggi 96 dan terendah 70. Menghasilkan rata-rata prestasi belajar siswa XI sebesar 77,64 dari jumlah 25 siswa, Dan Terdapat korelasi positif dan signifikan antara Pengelolaan Kelas dengan Prestasi Belajar Fisika siswa kelas XI SMA Al Fiqri Telaga. Pengelolaan kelasĀ  tersebut dapat mempengaruhi prestai belajar siswa 57,76%.adapun 42,24% dipengaruhi oleh faktor lain

Published
2020-11-30
Section
Articles