PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI GAYA DAN GERAK KELAS X SMK AL-WATHAN AMBON

  • Rizky Fatmalasari Universitas Darussalam Ambon
  • Jufri Jufri Universitas Darussalam Ambon
  • Randi Hasim Latukau Universitas Darussalam Ambon
Keywords: Hasil Belajar Siswa, Model Pembelajaran, Teams Games Tournament (TGT)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa kelas X SMK Al-wathan Ambon pada materi gaya dan gerak melalui penerapan model pembelajaran Teams Geams Turnament (TGT). Tipe penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling sehingga sampel yang dipilih adalah dua kelas yaitu kelas X1 terdiri dari 26 siswa pada kelas eksperimen dan X2 terdiri dari 21 siswa pada kelas kontrol Berdasarkan hasil penelitian nilai rata – rata menunjukkan bahwa terdapat hasil belajar pada ranah afektif dikelas eksperimen adalah 84,4 dengan kualifikasi baik dan kelas kontrol adalah 81,3 dengan kualifikasi baik, untuk ranah psikomotor diperoleh nilai rata – rata untuk kelas eksperimen 83,9 dengan kualifikasi baik, nilai rata-rata untuk kelas kontrol 77,7 dengan kualifikasi cukup, untuk ranah kognitif diperoleh nilai rata-rata untuk kelas eksperimen 88,4 dengan kualifikasi baik, nilai rata-rata untuk kelas kontrol 85,7 dengan kualifikasi baik. Sehingga dari pencapaian hasil diatas dapat disimpulkan bahwa penelitian menggunakan model pembelajaran Teams Geams Turnament (TGT) menunjukkan seluruh siswa telah mencapai atau melebihi nilai pada KKM. Hal ini ditunjukkan dengan meningkatnya hasil belajar siswa dan respon positif yang ditunjukkan pada hasil penilaian kognitif dan pengamatan afektif serta psikomotor.Tea

Published
2022-11-01
Section
Articles