PENGARUH KEBIASAAN BELAJAR SISWA TERHADAPA HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 33 BURU

  • Lisna Lisna Universitas Darussalam Ambon
  • Rizki Fatmalasari L Universitas Darussalam Ambon
  • Risman Risman Universitas Darussalam Ambon
Keywords: Kebiasaan Belajar Siswa, Hasil Belajar Fisika

Abstract

Latar belakang yang dihadapi didunia pendidikan kita adalah siswa kurang di dorong untuk mengembangkan kemampuan berfikrnya, oleh karena itu guru harus kreatif membuat strategi mengajar yang dapat menciptakan suasana belajar yang aktif dan menyenangkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kebiasaan belajar siswa terhadap hasil belajar fisika siswa kelas VIII SMP Negeri 33 Buru. Penelitian ini menggunakan tipe penelitian kuantatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dari angket variabel X dan variabel Y, menunjukan t hitung lebih besar dari nila t tabel, dengan t tabel sebesar 1,706 dan di peroleh nila t hitung sebesar 2,92. Maka t hitung -2,92 > t tabel 1,706 sehingga dapat di simpulkan bahwa HO di tolak di karenakan tidak terdapat pengaruh antara kebiasaan belajar siswa terhadapat hasil belajar fisika, sedangkan Ha di terima karena terdapat hubungan atau pengaruh antara kebiasaan belajar siswa terhadap hasil belajar fisika kelas VIII SMP Negeri 33 Buru. jika di lihat dari tanda negetif yang ada pada nilai t hitung maka berarti kebiasaan siswa terhadap hasil belajar fisika memiliki pengaruh yang negatif, yaitu jika kebiasaan belajar siswa mengalami penurun maka hasil belajar yang akan di peroleh siswa juga ikut menurun.

Published
2020-11-01
Section
Articles