PENINGKATAN HASIL DAN MOTIVASI BELAJAR FISIKA SISWA MELALUI MODEL QUANTUM TEACHING DI SMA NEGERI 15 AMBON

Authors

  • Lisna Lisna Universitas Darussalam Ambon
  • Marwah Marwah Universitas Darussalam Ambon
  • Rasit Banda Universitas Darussalam Ambon

Keywords:

Hasil Belajar, Motivasi, Quantum Teaching

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil dan motivasi belajar siswa pada materi fluida statis melalui model pembelajaran quantum teaching. Penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus di kelas XI IPA 2 SMA Negeri 15 Ambon yang berjumlah 31 siswa. Pengumpulan data berupa tes hasil belajar, angket motivasi belajar, dan lembar observasi pelaksanaan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar  siswa  dari  siklus  I ke  siklus  II    sebesar  3,22%  dari  70,97%  menjadi 74,19%, sedangkan peningkatan motivasi belajar siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 2,10% dari 75,40% menjadi 77,40 %. Berdasarkan hasil penelitian ini, disimpulkan bahwa model pembelajaran quantum teaching  dapat meningkatkan hasil dan motivasi belajar siswa pada materi fluida statis. Penerapan model pembelajaran ini sebaiknya dirancang dengan persiapan media belajar sebaik mungkin demi ketertarikan siswa terhadap materi yang dipelajari.

Downloads

Published

2021-11-01

Issue

Section

Articles