IDENTIFIKASI SISTEM PRODUKSI DAN FORMULASI STRATEGI KORPORASI UNTUK IKM ABON IKAN
Keywords:
3 level identification, shredded fish, SME, strategy formulation, QSPMAbstract
Maluku memiliki potensi perikanan tangkap yang sangat besar, namun baru sekitar 33% yang dimanfaatkan menjadi produk setengah jadi, sementara tingkat konsumsi ikan Masyarakat Maluku tergolong tinggi, yaitu 50,2 kg/kapita. Hal ini menyimpan potensi industri pengolahan ikan yang masih terbuka lebar, khususnya skala IKM. Salah satu IKM pengolah ikan di Maluku adalah IKM Abon Ikan.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi kondisi sistem nyata produksi abon ikan dan kemudian memformulasikan strategi korporasi yang sesuai. Penelitian ini mengidentifikasi sistem produksi menggunakan Identifikasi Three Level Characteristics, dengan beberapa tahap yaitu tahap formulasi menggunakan matrik evaluasi faktor internal (EFE), matrik profil kompetitif (CPM) dan matrik evaluasi faktor internal (IFE), tahap formulasi menggunakan Matrik SWOT, Matrik SPACE, Matrik BCG dan Matrik IE, serta tahap formulasi dengan matrik QSPM. Hasil yang diperoleh adalah faktor kunci peluang dan ancaman, faktor kunci kekuatan dan kelemahan, alternatif strategi, dan hasil Matriks QSPM yaitu strategi Market Penetration and Development