PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS LINGKUNGAN PESISIR MELALUI PENDEKATAN ICT UNTUK SISWA SD DANSMP DI KECAMATAN BANDA NEIRA

  • Yusran Kapludin Universitas Darussalam Ambon
  • Dahlia Badui Universitas Darussalam Ambon
  • Haris Kolengsusu Universitas Darussalam Ambon
Keywords: Pengembangan perangkat, lingkungan pesisir, ITC

Abstract

Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis lingkungan pesisir melalui pendekatan ICT secara umum bertujuan, untuk mempersiapkan peserta didik agar memiliki pengetahuan dan keterampilan hidup (life skill) serta terbentuknya sikap dan perilaku yang ramah lingkungan.Secara khusus bertujuan untuk mengetahui kelayakan dan kemampuan perangkat pembelajaran berbasis lingkungan pesisir melalui pendekatan ICT, untuk
digunakan dalam pembelajaran muatan lokal SMP di kecamatan Banda Neira dengan produk pengembangan meliputi Silabus, RPP, buku pesisir terpadu dan LKS dengan mengunakan metode pengembangan Research and Development (R&D) mengacu pada model yang dikembangkan oleh Borg & Gall. Penelitian ini menghasilkan perangkat pembelajaran yang berorientasi pada peningkatan pengetahuan, ketrampilan life skill dan sikap kepedulian terhadap lingkungan yang valid, praktis dan efektif dalam penerapanya. Hasil uji kevalidan perangkat dilakukan oleh dua orang pakar dengan nilai rata-rata validasi (4,42) dengan demikian secara keseluruhan perangkat yang dikembangkan memenuhi syarat kelayakan dan siap untuk di uji cobakan secara terbatas di lapangan. Untuk memperoleh data keterlaksanaan dan efektifitas pembelajaran dilakukan uji coba secara terbatas di SMP PGRI Banda dengan dua orang observer, diperoleh hasil analisis reliabilitas pengamatan keterlaksanaan perangkat pembelajaran di sekolah SMP di peroleh R=93% atau 0,93 dengan nilai rata-rata hasil pengamatan yaitu 1,79 yang berarti bahwa keterlaksanaan perangkat pembelajaran erlaksana secara keseluruhan. Keefektifan perangkat pembelajaran dalam penelitian ini dikatakan efektif, dimana terjadi peningkatan hasil belajar sebesar 29,63%.dengan nilai ketuntasan sebesar 100%. Disamping itu hasil analisis uji t menunjukan bahwa nilai propabilitas yang hasil lebih kecil dari propabilitas yang digunakan dalam penelitian (0,000<0,05) dengan demikian dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran berbasis lingkungan pesisir yang valid dan praktis dapat digunakan serta mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik.  

Published
2014-12-31
Section
Articles