ANALISIS PERSAMAAN MODEL STRUKTURAL FAKTOR-FAKTOR INTERNAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA FKIP UNIVERSITAS DARUSSALAM AMBON

  • Mursaid Dahlan Universitas Darussalam Ambon
Keywords: Konsep diri akademik, kecerdasan emosional, kecemasan belajar, kesadaran metakognisi, motivasi akademik, prestasi belajar Mahasiswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki apakah lima faktor internal yaitu konsep diri akademik, kecerdasan emosional, tingkatkecemasan belajar, kesadaran metakognisi, dan motivasi akademik berpengaruh terhadap prestasi belajar Mahasiswa. Berdasarkan analisis model structuraldiperoleh bahwa konsep diri akademik, kecerdasan emosional, motivasi akademik dan kesadaran metakognisi mahasiswa berpengaruh positif terhadap prestasi belajar Mahasiswa. Sedangkan kecemasan belajarberpengaruh negatif terhadap prestasi belajarMahasiswa. Motivasi akademik dapat memperkuat pengaruh konsep diri akademik dan kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar, namun motivasi akademik dapat memperlemah pengaruh kecemasan belajarterhadap prestasi belajar mahasiswa. Sedangkan kesadaran metakognisi dapat memperkuat pengaruh konsep diri akademik terhadap prestasi belajar mahasiswa, namun kesadaran metakognisi dapat memperlemah pengaruh kecerdasan emosional dan kecemasan belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa.

Published
2014-12-31
Section
Articles