ANALISIS KEMAMPUAN MAKROSKOPIS, MIKROSKOPIS DAN SIMBOLIK DALAM PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5 FASE PADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA

Authors

  • Dhamas Mega Amarlita Universitas Darussalam Ambon

Keywords:

Makroskopis, Simbolik, Kesetimbangan Kimia

Abstract

Ilmu kimia merupakan salah satu cabang ilmu pengetahuan alam yang mencakup konsep, aturan, hukum, prinsip, dan teori. Ilmu kimia memiliki beberapa karakteristik, antara lain: (1) sebagian besar konsep-konsep kimia bersifat abstrak, (2) konsep-konsep kimia pada umumnya merupakan penyederhanaan dari keadaan sebenarnya, dan (3) konsep dalam kimia bersifat berurutan dan berkembang dengan cepat. Karakteristik kimia yang bersifat abstrak inilah yang menyebabkan kimia dianggap sulit bagi sebagian besar peserta didik. Dalam pembelajaran kimia meliputi tiga level representasi, yaitu makroskopis, mikroskopis dan simbolik. Tiga level representasi tersebut harus diperhatikan dalam proses pembelajaran kimia di kelas agar tujuan pembelajaran itu dapat tercapai secara maksimal. Proses pembelajaran yang sesuai dengan kurikulum 2013 ini harus bersifat kontekstual diantaranya dengan menerapkan model pembelajaran Learning Cycle 5 fase. Salah satu materi kimia yang membutuhkan pemahaman dalam ketiga level pemahaman tersebut adalah kesetimbangan kimia. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui kemampuan makroskopis, mikroskopis dan simbolik peserta didik melalui penerapan model pembelajaran Learning Cycle 5 fase. Hasil penelitian ini akan dipublikasikan dalam jurnal ilmiah yang nantinya dapat memberikan tentang informasi kemampuan makroskopis dan mikroskopis peserta didik. Selain itu, dapat digunakan sebagai referensi bagi pendidik mengenai penerapan model pembelajaran untuk memperbaiki kemampuan makroskopis, mikroskopis dan simbolik tentang kimia pada peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa kemampuan Mahasiswa sudah lebih dari 50%. Sebagian besar mahasiswa telah memahami konsep tentang kesetimbangan kimia secara makroskopis, yaitu sebesar 92%, untuk kemampuan mikroskopis sebesar 51%, dan 74% untuk kemampuan simbolik. 

Downloads

Published

2014-12-31

Issue

Section

Articles