ANALISIS MODEL STRUKTURAL HASIL BELAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN FISIKA FKIP UNIVERSITAS DARUSSALAM AMBONDENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK PARTIAL LEAST SQUARE (PLS)

  • Marwah Marwah Universitas Darussalam Ambon
Keywords: PLS, Universitas Darussalam Ambon

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan: (1) kompetensi dosen, sikap belajar, Kualitas pelayanan akademik dan motivasi belajar dengan hasil belajar mahasiswa fisika (2) kompetensi dosen, sikap belajar dan kualitas pelayanan akademik dengan hasil belajar mahasiswa fisika, melalui motivasi belajar, (3) kualitas pelayanan akademik dengan sikap belajar, (4) kompetensi dosen dengan sikap belajar Hasil penelitian memberikan dukungan terhadap usulan model aplikatif yang menggambarkan hubungan kompetensi dosen, sikap belajar, Kualitas pelayanan akademik dan motivasi belajar dengan hasil belajar peserta didik fisika; hubungan kompetensi dosen, sikap belajar dan kualitas pelayanan  akademik dengan hasil belajar peserta didik fisika, melalui motivasi belajar; hubungan kualitas pelayanan akademik dengan sikap belajar; hubungan kompetensi dosen dengan sikap belajar. Melalui model tersebut dapat disimpulkan bahwa: (1) Semakin tinggi kompetensi dosen maka semakin tinggi sikap belajar dan semakin termotivasi peserta didik untuk belajar; (2) Semakin baik kualitas pelayanan akademik maka semakin tinggi sikap belajar dan semakin termotivasi peserta didik untuk belajar; (3) Semakin tinggi kompetensi dosen dan makin baik kualitas pelayanan akademik semakin tinggi sikap belajar dan semakin termotivasi peserta didik untuk belajar serta semakin tinggi hasil belajarnya.

Published
2014-12-31
Section
Articles